Cara Menghemat Uang Dengan Bijak Bagi anak sekolah

Dan singkat cerita dengan perjuangan sangat keras dan sempat di tipu sana sini marry akhirnya menemukan bisnis yang cocok dengan passionnya. Dan mimpi mendapatkan sejuta dollar pun berhasil diwujudkannya dalam usia yang relatif muda.
Berkaca pada kisah Merry Riana, berikut ini mungkin adalah beberapa cara agar anda bisa berhemat dengan cara yang bijaksana bagi seorang pelajar atau mahasiswa . Berikut ulasan tips – tipsnya cara menghemat uang:


1 JANGAN LUPA SARAPAN

Jika anda seorang yang ingin berhemat. Maka dari rumah, anda harus sarapan terlebih dahulu. Kenapa? Karena seseorang yang belum memakan apapun di pagi hari akan terasa lemas, dan akhirnya anda akan makan di sebuah kantin, atau pedagang kaki lima. Itu yang membuat anda gagal dalam berhemat.
Sarapan sangat dianjurkan juga dalam bidang kesehatan karena dengan sarapan kinerja otak kita akan maksimal. Bayangkan jika kita sebagai pelajar tidak sarapan, kita tidak akan mampu menyerap apa yang disampaikan bapak / ibu guru ataupun dosen kita.

Anda seorang pemalu? Maka hapuskan lah malu tersebut. Jika anda menolak untuk membawa bekal dan jajan di area sekolah. Hal ini menyebabkan anda gagal dalam cara menghemat uang. Sebaliknya, jika Anda membawa bekal ke sekolah, Anda akan kenyang dan anda tidak membutuhkan jajan disaat makan siang tiba.2 JANGAN MALU MEMBAWA BEKAL

Mungkin anda akan takut dibully teman-teman anda dan diejek “anak mami” pikirkan saja bahwa anda beruntung mempunyai ibu yang sangat perhatian kepada anda dibandingkan teman-teman anda.
Jika menurut Anda membawa bekal ribet, karena ukuran wadah yang berbentuk besar. Maka antisipasi dengan membawa bekal roti, sandwitch dari rumah yang bergizi. Itu akan lebih baik ketimbang jajan di sekitar kantin.
rajin menabung
rajin menabung

3 TIDAK SEMUA JAJANAN SEHAT

Hati – hati bagi anda yang suka jajan sembarangan. Karena anda tidak tahu apa bahan dari makanan tersebut, bisa terdapat dalam nasi, minuman dan lain – lain. Sering kita melihat tayangan di televise bahwa banyak jajanan kaki lima yang berada di pinggir jalan mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan borax. Demi meraup untung banyak para pedagang nakal itu menggunakan cara-cara kotor dengan alasan ekonomi.
Jadi Saya menyarakan agar membawa bekal dari rumah sesuai dengan poin yang kedua ketimbang Anda kerumah sakit harus mengeluarkan kocek puluhan juta. Pikirkan kembali ya!

4 JAJAN HEMAT BOLEH

“Jajan Hemat” apa itu? Jajan hemat maksudnya jajan yang murah – murah tapi bukan isi angin saja, tapi cukup untuk mengenyangkan. Anda mungkin bosan dengan saji makan lauk pauk yang itu saja. Jangan melarangkan diri sendiri untuk membeli makanan. Makanan adalah sumber energi bagi tubuh kita, jadi jika Anda kelaparan, jangan jangan di paksakan tidak makan apapun.
Hindarilah makanan makanan sampah atau yang lebih dikenal dengan jungfood. Contoh yang sering kita jumpai adalah makanan ringan yang mengandung banyak bahan makanan tambahan yang kurang baik bagi tubuh kita, maka dari itu kurangilah makanan jungfood ini

Banyak orang-orang kaya dan berada mencuci pakaian mereka sendiri, mereka juga berhemat dengan tidak memakai jasa laundry. Meskipun mereka tidak mencuci pakaian mereka dengan tangan melainkan dengan mesin cuci.

6 GUNAKAN FASILITAS GRATIS

Menggunakan fasilitas berbayar memang sangat nyaman. Tapi jika anda terus – terusan memakainya, maka itu akan menggagalkan juga cara menghemat uang. Menghemat uang tidak perlu juga menggunakan fasilitas gratis. Tapi “Alangkah” hematnya jika anda menggunakan fasilitas gratis. Seperti internet gratis di Kampus.
Ada beberapa kampus dan tempat umum yang menyediakan air siap minum gratis. Contohnya adalah Universitas Airlangga, saya pernah melihat ada air siap minum di Universitas tersebut dan sudah terjamin bersih dan higienis.
air siap minum
air siap minum

7 KERJA SAMPINGAN / FREELANCE

Kerja sampingan mungkin termasuk pada kerja ringan. Tapi ingat kerja sampingan bisa membuat anggaran Anda menjadi hemat. Contoh usaha sampingan yang baik dan cocok untuk pelajar atau mahasiswa adalah berjualan pulsa. Meskipun memerlukan modal, modal untuk menjadi agen pulsa tidak besar, saya pernah melihat ada baliho yang menyatakan bahwa cukup hanya dengan 50 ribu rupiah anda sudah bisa menjadi agen pulsa. Menjadi agen pulsa memang lumayan menghasilkan dan gampang.
Dan masih banyak kerja sampingan yang lain yang sesuai dengan passion anda. Jika anda adalah siswa atau mahasiswa seni anda bisa kerja sampingan di bidang seni. Jika anda siswa SMK Teknik jaringan atau mahasiswa Informatika anda bisa kerja sampingan di bidang ini. Karena peluang di bidan informasi sangat dibutuhkan untuk saat ini.
Jadi, jika anda ingin kaya, atau tercukupi uang dalam sebulan atau bahkan dalam setahun. Anda harus tahu cara menghemat uang. Dan gunakanlah secara bijaksana, suatu nanti uang itu akan menjadi sangat di butuhkan. Orang yang berasrama mungkin sudah merasakan bagaimana hidup susah dan menghemat uang sebaik – baiknya. Tapi jika Anda belum merasakannya, Anda wajib mencobanya. Demikian artikel ini jika anda suka silahkan share dan coment
SHARE

Author

Hi,Perkenalkan nama saya Ridho Ardian Upanda. Saya blooger yang masih pelajar dan mau berbagi ke sesama.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. semua cara itu dulu sudah pernah saya lakukan hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya cuma mau berbagi kepada yang belum tau kalau anda sudah tau ya allhamdulillah

      Delete