Laptop/PC lama saat dihidupkan ? Ini solusinya

Hello sobat ridhoupanda, Pada saat komputer pertama kali dihidupkan, komputer akan meload semua program-program yang ada untuk ditampilkan pertama kali pada windows startup, jika semakin banyak program yang akan dibuka oleh system maka proses untuk meload data dari program membutuhkan waktu yang lama pula. dan juga settingan motherboard yang belum di rapihkan bisa membuat booting lemot. untuk itu ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mempercepat loading startup pada komputer: Anda pasti sangat bosan menunggunya karna itu mari simak tips berikut ini,,
1.  Langkah pertama kita akan meminimalis program yang akan dibuka oleh system pertama kali dengan masuk ke system startup yaitu dengan menekan Windows + R pada keyboard atau mencari run pada windows anda.
2.  Langkah kedua ketikkan msconfig pada jendela run kemudian klik OK atau menekan ENTER.
3.  Akan muncul system configuration, setelah itu klik startup pada menu bar dibagian atas
4.  Setelah muncul pilih disable all atau anda bisa mencentang program yang diinginkan. kemudian klik apply dan OK
5.  Selanjutnya pilih boot pada menu bar kemudian pilih advanced options
6.  Centang number of prosessor kemudia pilih 2 jika komputer anda dual core dan pilih yang lain jika komputer anda mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi. selanjutnya klik OK
7.  Kemudian anda akan kembali ke jendela system configuration, Klik OK untuk menyimpan hasil settingan.

cara mempercepat startup booting windows

Nih tambahan ssetinganya biar makin ngebut, berhubung masih banyak yang pake windows 7 karena kecepatanya masih mumpuni jadi tidak salah kalo penggemar windows 7 masih banyak di pasaran.. apa saja tambahan dari saya untuk mempercepat booting windows 7 ini.
  1. jika motherboard anda adalah motherboard pc gaming dan masa kini pasti sekarang anda akan mendapat menu di bios nya yaitu fast boot nah agar booting bios anda menjadi cepat anda coba aktifkan menu itu jadi fungsi fast boot ialah untuk menunda meload seperti mouse, keyboard, dvdrooom atau apapun itu hardware yang menancap selain hardisk, supaya booting komputer menjadi lebih cepat, akan tetapi hal ini di batasi oleh teknologi mobo yang kekinian. menu seperti ini biasanya tidak ada di mobo2 jadul.
  2.  jadikan booting pertama itu adalah hardisk tempat menyimpan sistem operasi anda, contoh na anda mempunyai beberapa hardisk dvd atau usb flashdrive pindah kan urutan booting nya menjadi hardisk saja dan yang lainya di disable kan.
  3. beli lah ssd atau sshd untuk menginstall windows anda. karena kecepatan transfer data yang sangat mumpuni menjadikan booting anda menjadi lebih cepat bahkan saya melihat orang lain sampai itungan kurang dari 5 detik untuk masuk ke windows nya dengan menggunakan penyimpanan ssd. dan itu juga jika komponen komputer anda seperti processor dan ram anda sudah berteknologi ke kinian hehe.
  4. yang terakhir ubah lah format hardisk, ssd atau sshd anda ke gtp jangan mbr jika motherboard anda sudah support uefi bios, karena dengan menggunakan sistem uefi anda akan melewati proses post alias pengecekan hardware dan pada saat booting anda bakalan langsung ngbooting tempat penyimpanan anda, jadi booting anda akan lebih cepat.
saya kira segitu jg udah cukup untuk mempercepat startup atau booting pada komputer anda. dengan melakukan langkah di atas anda akan merasakan perbedaan dari sebelum nya lama jadi lebih cepat coba aja 😀
jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat
SHARE

Author

Hi,Perkenalkan nama saya Ridho Ardian Upanda. Saya blooger yang masih pelajar dan mau berbagi ke sesama.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Emejing, langsung praktek n berhasil ��. Makasih infonya

    ReplyDelete